Our Blog

PASKIBRA Kedutaan Besar Republik Indonesia 2014



Sahabat... kami sadari, kami semua bukanlah pemuda pemudi terbaik di antara jutaan pemuda pemudi hebat di Negara kita. Tapi ingatlah sahabat… biarkanlah kami memberikan sebuah persembahan yang terbaik buat bangsa ini, BANGSA INDONESIA !!! (Kata motivasi Kami sebelum mengibarkan bendera)

Sang surya terbit dengan indahnya dari timur kedutaan besar republik Indonesia untuk kerajaan kamboja. Angin berhembus mengoyangkan bendera merah putih yang  menghiasi panggung yang dua hari lalu sudah berdiri kokoh di halaman kedutaan.

Hari ini Minggu,17 agustus 2014, hari di mana puncak amanah terbesar bangsa Indonesia yang di berikan kepada kami Sebuah amanah berat menjadi pengibar sang merah putih/ PASKIBRA.  Bukan di Negara kami,  tapi di negara lain. Di sebuah Negara yang  dimana baru pertama kali kami injakan kaki di Negara itu dan disana pula harus kami perjuangkan lambang kehormatan Negara kami di Negara “Kingdom of Cambodia“.


Acara peringatan 17 Agustus  di mulai pukul 09.00 W.K.B.P (Waktu Kamboja Bagian Phnom Penh),  sebelum di mulai kami kumpul sejenak di lobby dan berfoto bersama untuk menghilangkan rasa grogi kami.

Tim paskibra dan Komandan Upacara KBRI Kerajaan Kamboja 2014 
(Muhammad Syahid, Widia M.W, Ayi Satori dan Ramdhani as Komandan Upacara )

08.35 Waktu Kedutaan Republik Indonesia, Degupan jantung semakin berdebar kencang  keluar dari lobby kedutaan dan melihat banyak masyarakat Indonesia dan Tentara Kamboja yang sudah berdiri tegap di panggung yang sudah di sediakan. Kami cek tiang bendera, kami cek tali, kami cek pengait, kami cek lipatan bendera untuk menghindari hal hal di luar dugaan kami.  setelah kami cek, kami menuju tempat utama kami berdiri dengan gagah dengan barisan yang tertata rapi.

08.50  Waktu Kedutaan Republik Indonesia,  Keringat mulai mengalir dan membasahi wajah dan tubuh kami. sang mentari mulai menyinari kami dengan cerah dan teriknya nya. “ Upacara dimulai…” terdengar dengan jelas suara MC memulai acara ini. Jantung kami semakin berdegup bertambah cepat. Komandan upacara memasuki lapangan upacara dilanjutkan dengan penghormatan dan laporan kepada inspektur upacara ( Bapak Duta Besar Republik Indonesia untuk kerajaan kamboja).  “Siap semuaa… “  bisik widia  sebelum MC membacakan susunan acara selanjutnya. “Pengibaran sang merah putih yang di iringi oleh lagu kemerdekaan republic Indonesia “ ucap MC . “SIAP GERAK..!!, LURUSKAN…!!, LURUS…!!!, LANGKAH TEGAP MAJUU… JALAN !!!, “. Kami mulai berjalan menuju tempat Inspektur upacara untuk mengambil Bendera Merah Putih.

Tim paskibra KBRI mulai berjalan menuju inspektur upacara


Tim paskibra KBRI menuju tiang bendera untuk menaikan sang Merah putih


Tim paskibra KBRI kembali mencek tali sebelum mengaitkan pengait ke bendera.



Tim paskibra KBRI berhasil membentangkan sang merah putih dengan sukses. 


Tim paskibra KBRI mulai menaikan sang merah putih menuju puncak tiang bendera


Penghormatan kepada sang merah putih


Allhamdulillah, selesai sudah tugas mengibarkan sang merah putih di hadapan para tamu undangan dan para pejabat negara RI di Kedutaan Republk indonesia di Kerajaan Kamboja. Rasa deg deg-an kami berubah seketika menjadi rasa suka cita yang mendalam setelah pengibaran dan upacara selesai. banyak ucapan semangat dan tepuk tangan yang meriah selesai upacara pengibaran bendera sang merah putih untuk kami semua tim paskibra dan seluruh petugas upacara. kami foto bersama dengan masyarakat indonesia, mahasiswa, para diplomat, Staf Athan (Angkatan Pertahanan RI), Tentara Kamboja serta bapak Duta besar RI untuk Kerajaan kamboja

Tim Paskibra foto bersama dengan Bapak Duta Besar dan Istri

Tim Paskibra foto bersama dengan Kepala Angkatan Pertahanan RI dan Staff Athan

Tim Paskibra foto bersama dengan Kepala Angkatan Pertahanan RI dan Tentara Kamboja

Thanks a lot for Mr.Dadang's Family buat istananya yang sudah kami singgahi selama 5 Hari.


Sahabat mahasiswa indonesia di kerajaan kamboja



Kegembiraan bersama selesai upacara Tim Paskibra dan Sahabat Mahasiswa Indonesia

Detik detik yang mendebarkan bagi kami sudah terlewati kegembiraan dan pengalaman ini tidak akan pernah terulang untuk yang kedua kalinya. foto dan seragam PASKIBRA ini akan menjadi bukti. bahwasanya kita pernah bersama dalam suka maupun duka untuk mengharumkan dan mengangkat derajat bangsa indonesia ini lebih terpandang di dunia internasional. kan ku kenang kisah hebat ini dan akan ku ceritakan kembali kepada anak ku kelak. 

Thanks to :
Allah SWT atas segala nikmat yang telah engkau berikan, All Staf Kedutaan Besar Republik Indonesia, Angkatan Pertahanan RI di Kamboja, Mayor Bara, Keluarga Pak Dadang, Sahabat mahasiswa semua dan spesial buat TIM PASKIBRA KBRI kerajaan Kamboja 2014.  Thanks for all.



Best Regrads
Muhammad Syahid

















Mumtazain Designed by Mumtazain | Blogger Templates Copyright © 2014

Faris _elmumtazain. Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.