Menu

Jumat, 16 Desember 2011

Hukum Moore


Hukum Moore adalah salah satu hukum yang terkenal dalam industri mikroprosesor yang menjelaskan tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor. Diperkenalkan oleh Gordon E. Moore salah satu pendiri Intel. Ia mengatakan bahwa pertumbuhan kecepatan perhitungan mikroprosesor mengikuti rumusan eksponensial.




Perkembangan teknologi dewasa ini menjadikan HUKUM MOORE semakin tidak Relevan untuk meramalkan kecepatan mikroprossesor. Hukum Moore, yang menyatakan bahwa kompleksitas sebuah mikroprosesor akan meningkat dua kali lipat tiap 18 bulan sekali, sekarang semakin dekat kearah jenuh. Hal ini semakin nyata setelah Intel secara resmi memulai arsitektur prosesornya dengan code Nehalem. Prosesor ini akan mulai menerapkan teknik teknologi nano dalam pembuatan prosesor, sehingga tidak membutuhkan waktu selama 18 bulan untuk melihat peningkatan kompleksitas tapi akan lebih singkat

Akan tetapi, saat ini Hukum Moore telah dijadikan target dan tujuan yang ingin dicapai dalam pengembangan industri semikonduktor. Peneliti di industri prosesor berusaha mewujudkan Hukum Moore dalam pengembangan produknya. Industri material semikonduktor terus menyempurnakan produk material yang dibutuhkan prosesor, dan aplikasi komputer dan telekomunikasi berkembang pesat seiring dikeluarkannya prosesor yang memiliki kemampuan semakin tinggi.

Secara tidak langsung, Hukum Moore menjadi umpan balik (feedback) untuk mengendalikan laju peningkatan jumlah transistor pada keping IC. Hukum Moore telah mengendalikan semua orang untuk bersama-sama mengembangkan prosesor. Terlepas dari alasan-alasan tersebut, pemakaian transistor akan terus meningkat hingga ditemukannya teknologi yang lebih efektif dan efisien yang akan menggeser mekanisme kerja transistor sebagaimana yang dipakai saat ini.

Meskipun Gordon Moore bukanlah penemu transistor atau IC, gagasan yang dilontarkannya mengenai kecenderungan peningkatan pemakaian jumlah transistor pada IC telah memberikan sumbangan besar bagi kemajuan teknologi informasi. Tanpa jasa Moore mungkin kita belum bisa menikmati komputer berkecepatan 3GHz seperti saat
Review Hukum Moore :
Pada tahun 1965 salah satu pendiri intel Gordon.E.Moore mengatakan bahwa setiap tahun transistor dalam IC akan bertambah dua kali lipat"  data tersebut dapat dilihat dari grafik yang ada pada ulasan diatas. namun moore juga memprediksikan akan ada  kemungkinan kompleksitas sebuah mikroprosesor bertambah dua kali lipat dalam 18 bulan. sampai saat ini hukum moore tetap menjadi landasan dalam ilmu dan penelitian di bidang informatika. khususnya dalam matakuliah microprocessor. dikarenakan hukum yang moore katakan belum ada yang terbantahkan dalam skala ilmiah pada saat ini. (Syahid Muhammad) 


Sumber: http://www.networkmanagement.co.cc/2011/12/hukum-moore.html

Rabu, 07 Desember 2011

Struktur Data ( Queue)

Queue (antrian) adalah barisan elemen yang apabila elemen ditambah maka penambahannya berada di posisi belakang (rear) dan jika dilakukan pengambilan elemen
dilakukan di elemen paling depan (front). Oleh karena itu, queue bersifat FIFO (first in first out).

Operasi-operasi

1. Create : Operasi untuk menciptakan dan inisialisasi queue (fungsi inisialisasi)
2. isempty : Operasi pemeriksaan queue kosong (fungsi kosong)
3. isfull : Operasi pemeriksaan queue penuh (fungsi penuh).
4. Dequeue : proses pengambilan elemen di posisi depan
5. Enqueue : proses penambahan elemen di posisi belakang
6. clear : operasi untuk mengosongkan queue




Fungsi Create
Digunakan untuk membentuk dan menunjukan awal terbentuknya suatu antrian/queue
deklarasi dalam c++

    void create( ){
    antrian.head=antrian.tail=-1;
    }

Fungsi isempty

Fungsi isempty digunakan untuk memeriksa apakan keadaan queue tidak
memiliki elemen. Fungsi isempty didapatkan dengan memeriksa field belakang
dari queue. Jika field belakang bernilai 0 maka berarti queue kosong dan jika
tidak 0 maka berarti queue mempunyai elemen.

pemeriksaan nilai belakang dilakukan dengan membandingkannya
dengan nilai -1. Jika nilai belakang bernilai -1 maka queue kosong (true) dan jika
lebih dari -1 berarti queue tidak kosong (false).

deklarasi dalam c++

    int kosong(TQueue Q)
    {
    if (Q.belakang==-1)
    return 1;
    else
    return 0;
    }

Fungsi isfull

Fungsi isfull berguna untuk memeriksa apakah suatu queue telah penuh. Fungsi
ini diperlukan ketika proses enqueue. Fungsi ini akan bernilai benar (true) jika
field belakang sama dengan nilai maks_queue jika tidak sama dengan berarti
queue belum penuh.
perbandingan yang dilakukan adalah bukan dengan maks_queue
tetapi dengan nilai maks_queue-1.
deklarasi dalam c++

    int penuh(TQueue Q)
    {
    if(Q.belakang==Q.maks_queue-1)
    return 1;
    else
    return 0;
    }

Fungsi Enqueue

Proses enqueue adalah proses untuk penambahan di posisi belakang.
Penambahan ini dilakukan jika kondisi queue tidak penuh. Jika keadaan masih
kosong, maka field depan dan belakang bernilai 1 tetapi jika sudah mempunyai
elemen maka yang nilai belakang harus bertambah 1. Kemudian data baru
disimpan di array pada posisi belakang.

deklarasi dalam c++

    void enqueue(TQueue *Q, int data) { if(!penuh(*Q)) { if(empty(*Q) { Q->depan=0; Q->belakang=0; } else Q->belakang++; Q->antrian[Q->belakang]=data; } else printf("Queue Telah Penuh\n"); }


Fungsi Dequeue

Operasi dequeue adalah proses pengambilan elemen queue. Tentunya elemen
yang diambil selalu dari elemen pertama (1). Setelah elemen pertama diambil,
maka akan diperlukan proses pergeseran elemen data setelah elemen data yang
diambil (dari posisi ke-2 sampai posisi paling belakang), dan kemudian posisi
belakang akan dikurangi 1 karena ada data yang diambil.

deklarasi dalam c++

    int dequeue(TQueue *Q)
    {
    int data,i;
    if(!kosong(*Q))
    {
    data=Q->antrian[Q->depan];
    for(i=0;i<=Q->belakang-1;i++)
    Q->antrian[i]=Q->antrian[i+1];
    Q->belakang--;
    return data;
    }
    else
    {
    printf("Queue Kosong.\n");
    return 0;
    }
    }

Fungsi Clear.

Operasi clear adalah operasi untuk mengahapus elemen elemen antrian dengan cara membuat tail dan head =-1.penghapusan antrian antrian sebenarnya tidak menghapus arraynya,namun hanya mengeset indek pengaksesanya ke nilai -1.sehingga elemen elemen antrian tidak lagi terbaca sehingga mengembalikan antrian seperti keadaan semula.

deklarasi dalam c++

    void clear( ){
    antrian.head=antrian.tail=-1;
    printf("data clear");
    }

Jumat, 02 Desember 2011

Piranti I/O


PIRANTI I/O SERIAL DAN PARAREL
Penjelasan :
    a. Paralel : Semua bit pada karakter dikirim secara  bersamaan
                      dalam batas waktu tranmisi tertentu
    b. Serial :  Data dikirm secara berurutan dalam satu baris
                     komnikasi tunggal, sehingga antara pengirim dan
                     penerima harus membagi batas waktu pengiriman
                     karakter menjadi beberapa sub  interval pengiriman
              
    Transfer paralel lebih cepat karena memiliki saluran tranmisi yang banyak, tapi tidak bisa diterapkan pada jarak yang terlalu panjang, karena dapat terjadi interfensi anatar saluran

TRANSFER DATA PADA SISTEM I/O

 Mode Transfer
a. Synchronous :
    Kecepatan piranti I/0 yang bervariasi sedang data yang dikirim secar serial dan bergantian dalam periode yang sudah diterapkan, maka kecepatan transfer di set pada piranti I/O dengan kecepatan rendah

b. Asynchronous
    Proses back and forth dalam meneruskan sinyal kendali dari pengirim ke penerima

Latihan Java


Latihan Java 1 with (For)
Import java.util.Scanner;
Public class newclass
                Public static void main(String[]arg){
Scanner input = new Scanner (System.in;)
Int n;

String[]data = newString [10];
System.outprint(“Masukan jumlah data=”); n = input.nextInt();
for(int i=1;i<=n;i++){
System.out.print(“data ke”+i+”=”);data[i] = input.next();
}
String Gabung = “ ”;
for(int  i =1; i<=n;i++){
                gabung= gabung+data [i];
System.out.print(”hasil=”+gabung);
}
}


Latihan Java 2 with (Array)
Import java.util.Scanner;
    Public classdata
         {
                Public static void main(String[]arg)
               {
Scanner input = new Scanner (System.in;)
System.out.print(“Masukan jumlah data=”);
Int data = input.nextInt();
for(int i=1;i<=n;i++){
System.out.print(“data =”);
String data 1= input next();
data 2 = data2+ “  ” +data1;
System.out.print(”hasil=”+data2);
}
       }
}


String[]data = newString [10];
System.outprint(“Masukan jumlah data=”);n = input.nextInt();
data[i] = input.next();
}
String Gabung = “ ”;
for(int  i =1; i<=n;i++){
                gabung= gabung+data [i];
System.out.print(”hasil=”+gabung);
}
}





Kamis, 17 Maret 2011

Class, Objek, data, variabel dan operator pengantar



Class, Objek, data, variabel dan operator
pengantar
Dalam modul ini akan diuraikan beberapa topik bahasan yaitu :
  1. Pengertian class dan objek :
  2. Modifier : public, static
  3. Data primitiveJAVA, operator dan Konsep encaptulation
  4. String sebagai sebuah class
Contoh definisi class dan objek
kasus : class Dog
l  Class dan Objek merupakan paradigma dasar dari OOP (Object Oriented Programming)
l  Class : suatu frame yang merupakan  definisi yang memuat data dan metod pengolah data
l  Objek : Bentuk konkrit dari class yang dengannya data dan metod dapat direalisasikan
l  Contoh class : Dog
l  Contoh data : warna, umur , harga
                                definisi data menggunakan sintak : tipe_data nama_var;
                                atau : tipe_data nama_var=nilai_data;
l  Contoh metod : bark(), sleep()
                                definisi metod :
                                [public/static] return_value nama_metod(parameter){ … }
                                { isi metod}

Rabu, 16 Maret 2011

Latihan syntax Luas Lingkaran

memberikan sebuah contoh syntax bagaimana cara menghitung luas lingkaran pada program Netbeans 6.5.1

Lihat contoh gambar di bawah ini...


Setelah menulis syntax programnya, running yang akan keluar

Pembahasan singkat tentang Java pada class, objek, modifier


Pada kali ini saya akan membahas tentang class, objek, metod, modifier public,static, private, void

class, objek dan metod

Class  adalah suatu frame yang merupakan  definisi yang memuat data dan metod pengolah data
Objek adalah bentuk konkrit dari class yang dengannya data dan metod dapat direalisasikan

Selasa, 01 Maret 2011

Rangkuman Java



A.Java

Java adalah bahasa pemrogaman yang berorientasi objek yang di kembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991, sebuah perusahaan besar di Amerika Serikat. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan platfrom independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem informasi dan arsitektur komputer. Bahasa ini juga dirancang untuk pemograman di internet.
Java memiliki sejumlah mekanisme untuk networking dan sistem terdistribusi, yaitu socket, CORBA, dan mobile argents.

Pada perkembangannya, banyak vendor-vendor seperti oracle, nokia, siemens, yahoo portal yang menggunakan Java untuk pengembangan aplikasinya.

Senin, 28 Februari 2011

Pencabangan Java

  •  if-else
Bentuk umumnya :

if (boolean-expression) statement1; [else statement2;]

Klausa else boleh ditulis dan boleh juga tidak ditulis. Setiap statement berupa kumpulan pernyataan yang dibatasi dengan kurung kurawal.

            Dibawah ini contoh pemakaiannya :
            int dataTersedia;
            //...
            if (dataTersedia > 0){
 ProsesData();
              dataTersedia -= n;
            } else {

Minggu, 13 Februari 2011

Sejarah Netbeans

Sejarah Netbeans


NetBeans mengacu pada dua hal, yakni platform untuk pengembangan aplikasi desktop java, dan sebuah Integrated Development Environment (IDE) yang dibangun menggunakan platform NetBeans.
Platform NetBeans memungkinkan aplikasi dibangun dari sekumpulan komponen perangkat lunak moduler yang disebut ‘modul’. Sebuah modul adalah suatu arsip Java (Java archive) yang memuat kelas-kelas Java untuk berinetraksi dengan NetBeans Open API dan file manifestasi yang
mengidentifikasinya sebagai modul. Aplikasi yang dibangun dengan modul-modul dapat dikembangkan dengan menambahkan modul-modul baru. Karena modul dapat dikembangkan secara independen, aplikasi berbasis platform NetBeans dapat dengan mudah dikembangkan oleh pihak ketiga secara mudah dan powerful.

SEJARAH JAVA


Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung per992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven).
Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan Tv kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.

Sabtu, 08 Januari 2011

Tekhnik Sederhana membuat Kabel Crimping

Membuat Kabel Straight Dengan Teknik Crimping

TEORI SEDERHANA

Untuk penggunaan koneksi komputer sederhana, misalkan pada jaringan LAN, dikenal 2 buah tipe penyambungan kabel UTP, yaitu STRAIGHT CABLE dan CROSSOVER CABLE. Fungsi dari masing-masing jenis type penyambungan ini berbeda,
TYPE STRAIGHT CABLE,untuk menghubungkan antara PC ke Switch, Router ke Switch, Router ke HUB dan PC ke HUB.
ALAT DAN BAHAN
Cara perakitan atau pemasangan kabel UTP ke konektornya ( RJ-45), dalam bidang teknisi komputer sering dinamakan dengan istilah CRIMPING. Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain :